Friday, August 12, 2011

Make Polygon using the Peles C


Logika Program:
Perintah gluLookAt(0,0,10,0,0,0,0,15,25); berfungsi  untuk menentukan atau mengatur sudut pandan. 3 koordinat pertama digunakan untuk menentukan sudut pandang berdasarkan penglihatan mata, 3 koordinat kedua digunakan untuk tata letak dan 3 koordinat terakhir digunakan untuk koordinat x,y,z. Pada pembuatan kali ini mnggunakan perintah polygon. Poligon adalah kumpulan garis yang saling menyambung dengan titik awal menyambung ke titik akhir. Bangunan yang kita buat terdiri dari beberapa Poligon.
Buat polygon 1 dengan perintah  glBegin(GL_POLYGON);. Beri warna pink pada polygon dengan perintah glColor3f(1,0,0.5);. Menentukan vertex/titik koordinatnya menggunakan perintah glVertex2f(x,y);. Vertex2f maksudnya adalah menentukan titik koordinat untuk membuat suatu bentuk 2D dan bertipe data float.Masukkan perintah glVertex2f(1,1);. Titik pertama adalah x=1 y=1 dapat ditulis dengan (1,1). Titik kedua masukkan perintah glVertex2f(3,1); dapat ditulis dengan (3,1). Titik ketiga masukkan perintah glVertex2f(3,2); dapat ditulis dengan (3,2). Titik keempat masukkan perintah glVertex2f(2,2); dapat ditulis dengan (2,2). Akhiri dengan perintah glEnd(); Pembuatan polygon pertama membentuk trapezium siku-siku. Sama halnya dengan pembuatan polygon 2, hanya diubah x dan y pada vertexnya.
 Pada polygon 3 kita membentuk sebuah segitiga siku-siku. Titik pertama masukkan perintah glVertex2f(4,2); maksudnya adalah titik pertama terletak pada x=4 dan y=2. titik kedua masukkan perintah glVertex2f(5,2); maksudnya adalah titik kedua terletak pada x=5 dan y=2. titik ketiga masukkan perintah glVertex2f(4,5); maksudnya adalah titik ketiga terletak pada x=4 dan y=5. akhiri dengan perintah glEnd();. Poligon 4 sama dengan polygon 3 hanya diubah x dan y pada vertexnya.
Buat polygon 5. Poligon 5 membentuk segilima. Titik pertama masukkan perintah glVertex2f(3,2); maksudnya adalah titik pertama terletak pada x=3 dan y=2. Titik kedua masukkan perintah glVertex2f(3.5,1.5); maksudnya adalah titik kedua terletak pada x=3.5 dan y=1.5. titik ketiga masukkan perintah glVertex2f(4,2); maksudnya adalah titik ketiga terletak pada x=4 dan y=2. titik keempat masukkan perintah glVertex2f(4,5); maksudnya adalah titik keempat terletak pada x=4 dan y=5. titik kelima masukkan perintah glVertex2f(3,5); maksudnya adalah titik kelima terletak pada x=3 dan y=5. akhiri dengan perintah glEnd();.


1 comment:

Mr. Shared said...

Pertamax...

Kunjungi blog ane ya gan

http://bagshare.blogspot.com/

^_^

SEMOGA BERMANFAAT