Logika program:
Masukkan prototype math.h untuk proses perhitungan matematika. Deklarasikan variable x,y,r, dan i di mulaiOpenGL( ) dengan tipedata float dan diberi nilai awal 0. Perintah gluLookAt(0,0,10,0,0,0,0,1,0); berfungsi untuk menentukan atau mengatur sudut pandan. 3 koordinat pertama digunakan untuk menentukan sudut pandang berdasarkan penglihatan mata, 3 koordinat kedua digunakan untuk tata letak dan 3 koordinat terakhir digunakan untuk koordinat x,y,z. Kali ini membuat sebuah lingkaran. Lingkaran ini diberi warna campuran merah dengan hijau maka masukkan perintah glColor3f(1,1,0). Lakukan perulangan untuk pembuatan titik-titik sehingga terbentuk sebuah lingkaran. Untuk j=0, i=0, x=2*sinf(0)=0, y=2*cosf(0)=2 jadi titik pertama (0,2). Perulangan terus berlangsung sampai kondisi perulangan sudah tidak terpenuhi lagi. Lalu untuk menentukan besar diameter lingkaran kita gunakan perintah glBegin(GL_POINTS); glVertex3f(x,y,0); . Jika angka terakhir kita ganti dengan angka lebih besar dari 0, diameter lingkaran akan semakin besar.
Output Program:
No comments:
Post a Comment