Kita masukkan perintah gluLookAt(0,0,25,0,0,0,0,15,20); berfungsi untuk menentukan atau mengatur sudut pandan. 3 koordinat pertama digunakan untuk menentukan sudut pandang berdasarkan penglihatan mata, 3 koordinat kedua digunakan untuk tata letak dan 3 koordinat terakhir digunakan untuk koordinat x,y,z. Lalu kita membuat bangun ruang kotak dengan perintah glBegin(GL_QUADS); . Lalu untuk memberikan warna kita gunakan perintah glColor3f(1,0,1); koordinat pertama jika diisi 1 maka akan menghasilkan warna merah, jika koordinat kedua yang diisi 1 maka akan menghasilkan warna hijau dan jika koordinat ketiga yang diisi 1 maka akan menghasilakn warna biru. Jika ada dua koordinat diisi 1, maka akan terjadi campuran warna. Pada kotak ini warnanya campuran red dan blue. Lalu kita gunakan perintah glVertex2i(1,1);. Perintah ini untuk menentukan titik pertama pada kotak yang akan kita buat yaitu pada x=1 y=1, lalu titik ke dua: glVertex2i(5,1); , titik ketiga : glVertex2i(5,4); dan titik keempat: glVertex2i(1,4); lalu untuk mengakhiri pembuatan kotak kita gunakan perintah glEnd();
Setelah itu kita akan membuat segitiga dengan perintah glBegin(GL_TRIANGLES); . Lalu untuk memberikan warna kita gunakan perintah glColor3f(1,0,0); koordinat pertama diisi 1 maka akan menghasilkan warna merah. Lalu kita gunakan perintah glVertex2i(1,1); untuk menentukan titik pertama pada kotak yang akan kita buat, lalu titik ke dua: glVertex2i(5,1); , titik ketiga : glVertex2i(3,-3); lalu untuk mengakhiri pembuatan kotak kita gunakan perintah glEnd();
Setelah itu kita akan membuat kotak dengan perintah glBegin(GL_QUADS); . Lalu untuk memberikan warna kita gunakan perintah glColor3f(0,1,0); koordinat kedua diisi 1 maka akan menghasilkan warna hijau. Lalu kita gunakan perintah glVertex2i(1,2.5); untuk menentukan titik pertama pada kotak yang akan kita buat. Titik pertama terdapat pada koordinat x=1 dan y=2.5, lalu titik ke dua: glVertex2i(-3,-3); , titik ketiga : glVertex2i(-7,2.5); dan titik keempat: glVertex2i(-3,8); lalu untuk mengakhiri pembuatan kotak kita gunakan perintah glEnd(); .
Setelah itu kita akan membuat segitiga dengan perintah glBegin(GL_TRIANGLES); . Lalu untuk memberikan warna kita gunakan perintah glColor3f(0,0,1); koordinat ketiga diisi 1 maka akan menghasilkan warna biru. Lalu kita gunakan perintah glVertex2i(-2,8); untuk menentukan titik pertama pada kotak yang akan kita buat, lalu titik ke dua: glVertex2i(-5,8); , titik ketiga : glVertex2i(-2,13); lalu untuk mengakhiri pembuatan kotak kita gunakan perintah glEnd(); .
No comments:
Post a Comment