Saturday, July 30, 2011

Animasi Karakter Ular dan Bola



Membuat animasi ular dan bola.
1. Buka program 3d max 8 lalu klik file-open.
2. Pilih karakter ular yang sudah dibuat sebelumnya.
3. Pada Command panel pilih Panel Create-shapes-Line.

4. Atur line untuk lintasan ular.

5. Lalu klik ular,pilih modify, lalu pilih Path Deform Binding. Lalu klik pick path-klik line nya lalu klik Move to path. Ubah rotation menjadi 180.


6. Lalu klik Auto key , drag time slider dari 0-100. klik kembali Auto key.
7. Buat alas kita gunakan Plane. Lalu kita beri gambar stone agar seolah-olah ular berjalan di atas bebatuan. Caranya dengan klik kanan pada mouse-Convert to-editable poly-poligon.
8. klik ctrl+A lalu klik M. Pilih diffuse-bitmap-pilih gambar.
9. pilih assign material to selection-Show map in viewport.
10. Untuk membuat rumput caranya pilih create-plane-modify-Hair and fur.
11. Cut length untuk panjang rumput, tip color and root color untuk warna rumput,max hair untuk banyaknya rumput.


12. Untuk membuat bola kita gunakan geosphere. Lalu kita beri warna dasar pada bola. Pemberian warna sama dengan cara pemberian warna pada plane.
13. Atur animasi bola dan ularnya. Klik auto key. Lalu drag time slider sampai ular menyentuh bola. Lalu kita pindahkan posisi bola, seakan-akan bola terdorong oleh ulah. Lalu drag kembali time slider sampai selesai. Klik kembali auto keynya.
14. Selesai.

^_^

SEMOGA BERMANFAAT