Tuesday, April 5, 2011

Augmented Reality

  • Apa c Augmented Reality (AR) itu?
pengertian sederhananya adalah menggabungkan elemen-elemen digital (dunia maya) kedalam dunia nyata.
Sejarah AR dimulai dari tahun 1957-1962 yang di temukan oleh Morton Heilig, seorang sinematografer. Pada tahun 1966, Ivan Sutherland menemukan head-mounted display yang dia claim adalah, jendela ke dunia virtual. Tahun 1975 seorang ilmuwan bernama Myron Krueger menemukan Videoplace yang memungkinkan pengguna, dapat berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya. Tahun 1989, Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya, Tahun 1992 mengembangkan Augmented Reality  untuk melakukan perbaikan pada pesawat boeing, dan pada tahun yang sama, LB Rosenberg mengembangkan salah satu fungsi sistem AR, yang disebut Virtual Fixtures, yang digunakan di Angkatan Udara AS Armstrong Labs, dan menunjukan manfaatnya pada manusia, dan pada tahun 1992 juga, Steven Feiner, Blair Maclntyre dan dorĂ©e Seligmann, memperkenalkan untuk pertama kalinya Major Paper untuk perkembangan Prototype AR.

  • Macam-macam AR ada apa saja c?
AR terbagi 2 yaitu Marker Augmented Reality dan Markerless Augmented Reality. Marker Augmented Reality menggunakan metode Marker Based Tracking. Marker sendiri merupakan ilustrasi hitam dan putih berbentu persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D.


Markerless yaitu metode AR yang tidak lagi memerlukan marker untuk menampilkan elemen-elemen digital. Saat ini perusahaan AR terbesar di dunia Total Immersion, sedang mengembangkan berbagai macam teknik Markerless Tracking, seperti Face Tracking, 3D Object Tracking, dan Motion Tracking.

  • Apa saja c software AR itu?
- D'fusion (lisensi)
- Unifeye Tools (lisensi)
- AR Toolkit (C++)
- Atomic Authoring Tools
- BazAR
- AR Toolkit Plus
-Flar Toolkit (Flash)
-OSGART
-NyAR Toolkit (Java)
-Open MAR

  • Apa saja c software 3D yang dapat di export ke AR?
-Maya
-3Ds Max
-Blender

  • Contoh hasil AR?


source:
http://www.anugrahalam.com/?tag=sejarah-ar
http://www.ikeafans.com/home/augmented-reality-for-billys-30th-birthday/
http://www.youtube.com/watch?v=kbHe8oSXRFc

No comments:

^_^

SEMOGA BERMANFAAT